Doa Saat Terkena Musibah Banjir

Di Jakarta, wilayah Kemang mengalami banjir hingga 1,5 meter yang diperkirakan muncul sejak dini hari. Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur, setinggi 20 sentimeter.

Manusia tidak dilarang merasa sedih, namun jangan lupa tetap berdoa pada Allah SWT.

Saat musibah terjadi, Nabi Nuh AS membaca doa yang tercantum dalam Al Quran surat Hud ayat 44

Allah SWT kemudian menyelamatkan Nabi Nuh AS dan sekelompok orang yang menerima kebenaran ajaran tauhid. Dalam hadist yang diceritakan Annas, Rasulullah SAW dilaporkan membaca doa lain saat Madinah dilanda hujan deras Dengan membaca doa untuk orang yang terkena musibah banjir, semoga para muslim tetap sehat, kuat, dan bersikap positif.

3 Doa yang Bisa Dibaca agar Banjir Cepat Surut

Belum lagi, hujan juga sejatinya adalah berkah yang diturunkan oleh Allah SWT. Sebagaimana dilansir dari NU Online, ada doa yang sebaiknya dipanjatkan saat tertimpa musibah banjir.

“Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat.”

Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Tak cuma itu, umat Islam juga bisa melantunkan doa sebagaimana yang sempat dibacakan Nabi Nuh AS. Doa ini dibacakan saat banjir menyerang kaum yang tak mau mendengar ajaran nabi,

Doa Ketika Mendengar Kabar Atau Terkena Musibah Banjir

Suhu air yang turun dan mengir ke bumi cukup besar, sehingga beberapa daerah di Indonesia tergenang atau terendam banjir. Anda juga harus berdoa dan memohon kepada Allah SWT, agar diberikan keselamatan serta tidak terkena musibah yang cukup membahayakan tersebut. Nabi Nuh AS membaca doa yang tercantum dalam Al Quran surat Hud ayat 44

Doa Menghadapi Musibah Banjir, Mari Lafalkan untuk Pertebal Takwa

Curah hujan yang tinggi membuat bencana banjir marak terjadi di berbagai penjuru tanah air. Beberapa titik di Jakarta Selatan juga tidak luput dari bencana air ini. Ada banyak hal yang menjadi penyebab datangnya banjir, baik faktor alam maupun dari manusia itu sendiri. Namun, percayalah bahwa di balik segala musibah ada anugerah bila kita mau bersabar. Dengan membaca doa di atas menjadi harapan agar banjir segera surut dan hujan tak lagi datang dalam waktu dekat. Harapan turut dipanjatkan agar kelak bencana yang datang mendatangkan manfaat dan menjadi berkah.

Allah SWT pun marah dan mengirimkan banjir yang memusnahkan seluruh kaum tersebut. Sebaliknya, Allah SWT menyelamatkan umat yang menerima kebenaran dan tidak mengolok Nabi Nuh AS. Artikel terkait: Doa Keselamatan Kerja, dari Berangkat hingga Pulang, Agar Diberi Keberkahan

Mengutip Harian Muslim, Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah menjelaskan “Maksud hadits ini adalah memalingkan hujan dari pusat kehidupan sehingga bisa dimanfaatkan oleh manusia dan hewan ternak.

Pertimbangkan dengan matang saat Anda ingin menebang pohon dan hindari membangun hunian di daerah resapan air atau kawasan rawan banjir.

Doa Terhindar dari Bencana Alam, Banjir, Tanah Longsor, Lengkap dengan Artinya

Berikut ini bacaan doa agar terhindar dari bencana atau musibah yang bisa kamu amalkan. Adapun bacaan doa agar terhindar dari bencana alam seperti banjir berdasarkan hadis Rasulullah SAW yakni sebagai berikut:

Berikut ini bacaan doa agar selamat dari curah hujan tinggi dan bencana banjir berdasarkan hadis Rasullullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhori.

Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.” Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim Berikut ini bacaan doa diberi keselamatan dari bencana berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim.

Demikian ulasan mengenai bacaan doa agar terhindar dari bencana atau musibah yang bisa kamu amalkan.

Kumpulan Doa untuk Korban Banjir dan Doa saat Dilanda Bencana Alam

Sebagai umat beragama yang baik sudah seharusnya kita saling mendoakan untuk keselamatan satu sama lain, termasuk banjir. Makanya bacaan doa untuk korban banjir ini perlu kalian ketahui. Baca Juga: ‘Maaf Jika Saya Diharuskan Taubat’ Ucap Gibran Usai Disenggol Soal Banjir Solo Berikut adalah bacaan latin doa untuk korban banjir yang perlu anda ketahui: Artinya: “Kami berasal dari Allah SWT dan kepadaNyalah kita kembali. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu penyebab terjadinya bencana banjir adalah hujan deras yang tak kunjung berhenti, perlu anda ketahui bahwa di dalam agama Islam terdapat sebuah doa yang dapat dipanjatkan ketika anda mendapati keadaan dimana hujan turun dengan sangat lebat dan deras sehingga berpotensi mengakibatkan banjir.

Doa saat Tertimpa Musibah Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahnya

(Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir) Cara memahami musibah dari perspektif pertama ini lebih utama karena dapat menimbulkan introspeksi (muhasabah), yang mendorong manusia mengoreksi kekurangan-kekurangannya lalu berusaha memperbaiki diri.

Redaksi doa di atas memberi pesan tentang hakikat kepemilikan yang seluruhnya dikembalikan kepada Allah sebagai Pemilik Sejati.

Doa tersebut juga mengandung optimisme, ditandai dengan harapan kepada Tuhan akan karunia pengganti yang lebih baik.

Bacaan Doa untuk Orang Terkena Musibah dan Cobaan yang Dapat Diamalkan

Ketika tertimpa musibah, umat Muslim dianjurkan untuk tetap tabah dan memohon pertolongan kepada Allah Swt. Oleh sebab itu, sebagai umat Muslim kita tidak boleh melupakan bahwa diri ini lemah dan membutuhkan perlindungan Allah Swt.

Doa Saat Tertimpa Musibah dan Doa Saat Terjadi Bencana Alam: Dengan Terjemahannya

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Musibah dan bencana alam merupakan salah satu ketetapan Allah SWT yang tidak bisa dihindari manusia. Lalu dalam kitab Al-Azkar karya Imam Nawawi, disebutkan bahwa Nabi Muhammad Saw mengajarkan sebuah doa yang dibaca saat bencana alam.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Doa Agar Menjadi Percaya Diri

Doa Zakat Fitrah Dan Terjemahan