Bacaan Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap

Berdzikir dan berdoa setelah sholat fardhu adalah anjuran Rasulullah SAW kepada umatnya. Bagaimana bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu? Kitab yang menjadi salah satu kitab rujukan, serta buku induk berkenaan tentang doa, dan dzikir yang populer di dunia Islam. Beliau mengatakan dalam kitab tersebut, bahwa ulama telah bersepakat (ijma’) tentang kesunnahan dzikir usai sholat, yang ditopang oleh banyak hadits shahih dengan jenis bacaan yang amat beragam. Berikut ini adalah di antara rangkaian dzikir dan bacaan doa setelah sholat 5 waktu, yang dikutip dari berbagai sumber: Sebelum berdoa, dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak tiga kali:

Memohon perlindungan dari siksa neraka, dengan membaca berikut 3 kali: Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.” “RABBANA DZHALAMNAA ANFUSANAA WA-INLAMTAGHFIR LANA WATARHAMNAA LANAKUUNANNA MlNAL KHAASIRIIN”. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Ya Allah Tuhan Kami, bagi-Mu segala puji dan segala apa yang patut atas keluhuran DzatMu dan Keagungan kekuasaanMu.

Ampunilah dan limpahkanlah rahmat ampunan terhadap diri kami ya Allah. Sesungguhnya Engkau dzat Yang Maha Kuasa atas segala-galanya. Suci dari segala apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para Rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.”

Saksikan juga kultum: Keuntungan Memiliki Sifat Al Amin, Terpercaya

Dzikir Setelah Sholat Fardhu Lengkap, Teks Arab, Latin, Arti Beserta Keutamaan

JAKARTA, iNews.id – Dzikir setelah sholat fardhu lengkap untuk diamalkan sesudah menjalankan ibadah wajib. Berdzikir setelah sholat sangat dianjurkan untuk mengingat Allah SWT. Dzikir berasal dari bahasa arab (ﺬﻜﺮ ) Dzakara berarti menyebut atau mengingat.

Sedangkan menurut istilah syara’ adalah mengingat Allah SWT dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat An Nisa ayat 103: Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Perintah dzikir dan berdoa setelah sholat juga dilandaskan dalam hadits Nabi yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi: “Ditanyakan kepada Rasulullah Saw: “Kapankah waktu berdoa yang lebih diperkenankan?” Beliau menjawab: “Dibagian malam terakhir dan setiap selesai shalat fardlu”(HR. Dilansir Buku Fikih MTs Kelas VII, berdzikir merupakan kegiatan ibadah yang dilakukan secara berjama’ah atau sendirian dengan membaca bacaan-bacaan atau melakukan perbuatan-perbuatan tertentu yang disertai penghayatan hati yang mendalam dalam upaya mengingat Allah Swt di setiap waktu dan tempat. Waktu tersebut merupakan salah satu yang dijanjikan oleh Allah dikabulkannya doa-doa kita. Ketika berdzikir dianjurkan untuk merendahkan diri dan penuh rasa takut kepada Allah. Artinya : “Saya mohon ampun kepada allahyang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

Artinya : “Ya allah, engkau adalah zat yang mempunyaikesejahtraan dan daripadamulah kesejahtraan itu da kepadamulah akan kembali lagi segala kesejahtraan itu, maka hidupkanlah kami ya allah dengan sejahtera.

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu Beserta Artinya!

Doa Setelah Sholat Fardhu – Sholat fardhu lima waktu adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim dalam keadaan apa pun, kapan saja dan di mana saja. Namun, seorang muslim yang mengalami keadaan tertentu seperti sakit diberikan keringanan dalam melakukan sholat fardhu. Contohnya apabila ada seseorang yang sakit dan tidak bisa berdiri, maka diperbolehkan untuk melaksanakan sholat fardhu dalam keadaan duduk.

Ketika mendirikan sholat fardhu, ada beberapa amalan sunah yang dianjurkan untuk dilakukan dalam agama Islam.

Doa-doa ini dapat mengabulkan hajat seseorang, menyempurnakan ibadah dan memiliki keutamaan lainnya. Meskipun berdzikir dan berdoa setelah sholat fardhu lima waktu hukumnya tidak wajib, akan tetapi sebaiknya seorang muslim tidak langsung meninggalkan tempat dan pergi setelah sholat. Lalu jika kamu telah merasakan aman, maka dirikanlah sholat tersebut sebagaimana biasanya. Allah juga berfirman dalam surat Al Jumuah ayat 10, berikut ayatnya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa dzikir sebaiknya dibaca sesuai dengan tuntutan dan ajaran dari Nabi Muhammad SAW. Artinya: Biasanya Rasulullah SAW jika selesai sholat, beliau (membaca) istighfar sebanyak 3 kali kemudian membaca doa: Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikroom.

Artinya: aku mendengar Nabi SAW setelah selesai sholat beliau berdoa: laa ilaha illallooh wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir. Bacaan tasbih, tahmid, takbir dan tahlil ada empat bentuk yang shahih dari Nabi SAW.

Artinya: Barang siapa yang berdzikir usai selesai sholat dengan dzikir berikut: Subhanallah wal hamdulillah wallahu akbar (33 x). Maka akan diampuni seluruh kesalahannya, meskipun sebanyak buih di lautan. Sesuai dengan riwayat dari Zaid bin Tsabit ra, beliau berkata:

Ketika ia bangun pada pagi hari, laki-laki Anshar ini menemui Nabi SAW dan menceritakan mimpinya.

Artinya: Ada dua perbuatan yang apabila dijaga oleh seseorang hamba muslim, maka pasti ia akan masuk surga. Maka itulah 150 kali dzikir di lisan dalam sholat lima waktu.

Dengan berdoa setelah selesai sholat, maka keinginan atau hajat seseorang pun akan mudah dikabulkan. Berikut beberapa doa setelah sholat fardhu yang bisa Grameds baca. Laa ilaha illallooh mukhlishiina lahud diin wa lau karihal kaafiruun Tidak ada daya serta updaya kecuali dengan adanya pertolongan Allah. seluruh nikmat, anugerah dan pujian yang baik adalah milik Allah. Oleh sebab itu, ayat kursi juga dianjurkan untuk dibaca setelah selesai melaksanakan sholat fardhu.

Seperti hadits dari Abu Umamah Al Bahili ra, Nabi SAW pernah bersabda: Dari Ummu Salamah Hindun binti Abi Umayyah ra, dia berkata: Biasanya Rasulullah SAW jika sholat subuh ketika salam beliau akan membaca: alloohumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan (Ya Allah sesungguhnya aku mohon pada Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima.)

Sebagai #SahabatTanpaBatas, tentu saja menyediakan beragam buku, termasuk buku-buku kumpulan doa untuk Grameds.

Bacaan Dzikir Setelah Shalat

Seusai shalat tidak langsung bubar, namun hendaknya kita merutinkan beristighfar dan bacaan dzikir lainnya. Berikut beberapa dzikir setelah sholat yang bisa kita amalkan. Lantas membaca: “Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan” (HR. Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya yang menyelamatkan dari siksaan). Laa ilaha illallah mukhlishiina lahud diin wa law karihal kaafiruun.

Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah.

Bagi-Nya nikmat, anugerah dan pujaan yang baik. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepadaNya, sekalipun orang-orang kafir sama benci” (HR. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu” (HR. Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas setiap selesai shalat (fardhu) (HR.

1523, dishahikan Al Albani dalam Shahih Abu Daud). Membaca ayat Kursi setiap selesai shalat (fardhu) (HR. “Tiada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya, bagiNya kerajaan, bagi-Nya segala puja.

Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.” (Dibaca 10 x setiap sesudah shalat Maghrib dan Subuh). 762, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah). Semoga dzikir setelah sholat yang sederhana ini bisa rutin kita amalkan sehingga Allah berkahi aktivitas harian kita.

Kumpulan Dzikir Beserta Doa Setelah Sholat Fardhu, Mudah Dihafalkan!

Membaca doa setelah sholat fardhu juga menjadi bentuk ikhtiar umat muslim untuk mendapatkan atau mengharapkan sesuatu dari Allah SWT. Berikut ini kami berikan bacaan doa dan dzikir setelah sholat fardhu lengkap dengan artinya.

Baca Juga: Viral Video Heli Rombongan Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Tengah Hutan Kerinci: Astagfirullahaladzim Baca Juga: Begini Harapan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Pada Peringatan Isra Miraj Tahun Ini

Doa Setelah Sholat Fardhu dan Bacaan Latin Dzikir Lengkap dengan Terjemahannya!

Suara.com – Setelah mengerjakan sholat fardhu, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa dan berdzikir. Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar pada Bâbul Adzkâr ba‘dash Shalah mengatakan bahwa para ulama telah bersepakat (ijma’) tentang kesunnahan doa dan dzikir usai shalat.

Mereka menyepakati anjuran membaca dzikir dan doa setelah sholat fardu ini ditopang dari banyaknya hadist shahih yang menjelasnkannya. Berikut ini bacaan doa beserta dzikir yang dapat Anda baca setelah selesai sholat fardhu:

Bacaan Doa dan Dzikir Setelah Sholat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Membaca doa setelah sholat fardhu memiliki beberapa manfaat dan dapat membantu menyempurnakan kebiasaan pahala seorang muslim. Selain itu, membaca setelah sholat dapat membawa banyak pahala bagi seorang Muslim yang menjalankannya. Berikut merupakan bacaan doa dan dzikir versi Buku Dzikir Pagi & Petang dan Setelah Shalat Fardhu karya Syaikh Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qohthoni dan Syaikh Abdullah bin Shalih al-Fauzan terbitan Ma’had Al-Furqon Al-Islami. Latin: “Allahumma antassalam waminkassalam tabarakta Ya Dzaljalali wal ikram.” Laa ilaha illallah mukhlishiina lahud diin wa law karihal kaafiruun. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah.

Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepadaNya, sekalipun orang-orang kafir sama benci” (HR.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Doa Meminta Banyak Rezeki

Batas Waktu Sholat Subuh Hari Ini Semarang