Doa Sesudah Sholat Fardhu Arab Latin Dan Artinya

Di antara waktu-waktu mustajab atau cepat terkabulnya sebuah doa adalah setelah waktu shalat. Doa sekaligus menunjukkan ketundukkan dan kepatuhan seorang hamba terhadap Sang Maha Kuasa. Akan tetapi, alangkah baiknya doa dilakukan pada waktu-waktu yang disunnahkan untuk berdoa.

Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana yang patut bagi keagungan-Mu dan kebesaran kekuasaan-Mu.

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.” وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين

Doa Setelah Salat, Arab, Latin dan Terjemahannya

Berdoa merupakan cara melakukan komunikasi, memohon ampunan, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut ini doa-doa yang bisa kamu baca setelah menjalankan salat lima waktu. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu lah segala puji, dan bagi-Mu lah segala syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.”

Doa setelah salat untuk memohon kebaikan dari Allah SWT pexels.com/Alena Darmel Selain memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan.

Memohon kepada Allah SWT untuk meminta kebaikan dari-Nya juga sangat dianjurkan. Shala atan tun ajihnaa bi’haa minjamii’il ahwaali wal aafaat. Innahu samii’ul qariibum mujiibud da’awaat wayaa qaadhiyal haajaat.” Artinya: “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya. Doa untuk memohon perlindungan dari siksa kubur pexels.com/Alena Darmel اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ “Allahumma Innaa na’uudzu bika minal ‘ajzi wal kasali wal bukhli wal harami wa ‘adzaabil qabri.” Artinya: “Wahai Allah, sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur.”

Sebab, manusia memang tidak pernah luput dari dosa yang sudah diperbuat.

Doa untuk memohon bertaubat kepada Allah SWT unsplash.com/Masjid Pogung Dalang رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ “Rabbanaa taqabbal minnaa innaka antas samii’ul ‘aliim, wa tub ‘alainaa innaka antat ta wwa abur rahiim.”

Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap Arab Latin dan Artinya

Perlu diketahui, salah satu waktu terbaik berdoa adalah selepas melaksanakan sholat fardhu. Umat Islam bisa berdoa apa saja, sesuai dengan hajatnya, asal tak dilarang syariat. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 51-52).

Artinya, “Ya Allah, bimbimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau.

Doa Setelah Sholat Singkat: Arab, Latin, dan Artinya

“Jangan lamcing, habis salam langsung plencing.” Demikian nasihat orang tua dulu. Nah, berikut ini doa setelah sholat singkat beserta tulisan Arab, latin, dan artinya. Merupakan salah satu sunnah, membaca dzikir dan doa setelah sholat. Imam Nawawi rahimahullah dalam kitab Al Adzkar membuat bab khusus berjudul Dzikir-Dzikir Setelah sholat.

Beliau kemudian menjelaskan, “Para ulama sepakat bahwa dzikir setelah sholat merupakan sunnah muakkadah.” Abu Umamah Al Bahili radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: Imam Nawawi rahimahullah mencantumkan hadits ini dalam kitab Al Adzkar pada bab Dzikir-Dzikir Setelah Sholat. Dia memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa sekaligus menyatakan akan mengabulkannya. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Sebagaimana surat Al Mu’min di atas, dan juga firman-Nya:

… Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku …. Doa adalah ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Tidak ada sesuatu yang lebih dimuliakan Allah Ta’ala daripada doa. Makna lainnya adalah tidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah daripada doa. Berikut ini tulisan latin doa setelah sholat singkat di atas:

Yaa Robbanaa lakal hamdu kamaa yambaghii lijalaali wajhika wa ‘adhiimi sulthoonik.

Robbanaghfirlanaa wali-ikhwaaninal ladziina sabaquunaa bil iimaan walaa taj’al fii quluubinaa ghillal lilladziina aamanuu Robbanaa innaka ra-uufur rohiim. Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahablanaa min ladunka rohmatan innaka antal wahhaab.

Alloohumma hawwin ‘alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa ‘indal hisaab. Robbanaa hablanaa min ‘azwaajinaa wa dzurriyaatinaa qurrota a’yunin waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.

Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya.

Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Demikian doa setelah sholat mulai dari keutamaan hingga contoh singkat beserta artinya.

Dzikir Setelah Sholat Fardhu Lengkap, Teks Arab, Latin, Arti Beserta Keutamaan

JAKARTA, iNews.id – Dzikir setelah sholat fardhu lengkap untuk diamalkan sesudah menjalankan ibadah wajib. Berdzikir setelah sholat sangat dianjurkan untuk mengingat Allah SWT. Dzikir berasal dari bahasa arab (ﺬﻜﺮ ) Dzakara berarti menyebut atau mengingat. Sedangkan menurut istilah syara’ adalah mengingat Allah SWT dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat An Nisa ayat 103: Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa).

Perintah dzikir dan berdoa setelah sholat juga dilandaskan dalam hadits Nabi yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi: “Ditanyakan kepada Rasulullah Saw: “Kapankah waktu berdoa yang lebih diperkenankan?” Beliau menjawab: “Dibagian malam terakhir dan setiap selesai shalat fardlu”(HR. Dilansir Buku Fikih MTs Kelas VII, berdzikir merupakan kegiatan ibadah yang dilakukan secara berjama’ah atau sendirian dengan membaca bacaan-bacaan atau melakukan perbuatan-perbuatan tertentu yang disertai penghayatan hati yang mendalam dalam upaya mengingat Allah Swt di setiap waktu dan tempat.

Waktu tersebut merupakan salah satu yang dijanjikan oleh Allah dikabulkannya doa-doa kita. Ketika berdzikir dianjurkan untuk merendahkan diri dan penuh rasa takut kepada Allah. Artinya : “Saya mohon ampun kepada allahyang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

Artinya : “Ya allah, engkau adalah zat yang mempunyaikesejahtraan dan daripadamulah kesejahtraan itu da kepadamulah akan kembali lagi segala kesejahtraan itu, maka hidupkanlah kami ya allah dengan sejahtera.

Doa Setelah Sholat Fardu Lengkap dengan Lafal Arab, Latin, dan Artinya

Melalui doa, manusia bisa mengutarakan keluh kesah dan harapan kepada Sang Mahakuasa. Doa juga bentuk ketundukkan dan kepatuhan kita sebagai hamba terhadap Allah SWT. Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana yang patut bagi keagungan-Mu dan kebesaran kekuasaan-Mu”. Allaahumma innaa nas aluka salaamatangfiddiini wa afiatan filjasadi waziaadatangfil ilmi wabarokatangfirizki wataubatangQoblalmaut warahmatan ingdalmaut wamaghfiratan ba’dal mauut, Allaahumma hawin alaina fi sakarootil mauti wanajata minannaar wal afwa ingdal hisaab. Robbana laatuzigh Qulubana ba’da idz hadaitanaa wahablanaa mil ladungka rohmatan innaka antal wahhaab. Rabbanā lā tuzig qulụbanā ba’da iż hadaitanā wa hab lanā mil ladungka raḥmah, innaka antal-wahhāb. Selesai membaca doa setelah salat itu, sebaiknya juga melakukan dzikir, namun jika tidak sempat karena urusan tertentu, zikir bisa dilakukan dan digantikan di lain waktu.

Doa Setelah Sholat Fardhu: Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya : Okezone Muslim

DOA setelah sholat fardhu dapat diamalkan secara rutin setiap harinya. Setelah melaksanakan sholat fardhu, kaum muslimin dianjurkan memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Biasanya dalam doa diawali dengan bacaan “hamdalah” dan “Sholawat Nabi” lalu ditutup dengan “Sholawat Nabi” dan “Hamdalah”. Dikutip dari Laduni.id, berikut bacaan doa setelah sholat fardhu lengkap teks Arab, Latin, dan juga artinya dalam bahasa Indonesia.

وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa min jamii’il haajaat. Min jamii’il khoirooti fil hayaati wa ba’dal mamaat. Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idz_hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Dengarkan Murrotal Al-Qur’an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kami dari semua bahaya, yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan hajat kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kesalahan kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat derajat kami, Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kami kepada kesempurnaan semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” 2. Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan belas kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepadaku di waktu aku kecil.

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka Demikian informasi mengenai doa setelah sholat fardhu lengkap teks Arab, latin, dan artinya.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Doa Zakat Fitrah Dan Terjemahan

Makalah Hubungan Hukum Islam Dengan Ijtihad