Keutamaan Doa Qunut Dalam Sholat Subuh

Hal ini tertuang dalam buku berjudul ‘Kupas Tuntas Qunut Subuh’ oleh M. Abdul Wahab, Lc. Mayoritas ulama menyatakan kalau hukum membaca doa qunut saat salat subuh adalah sunnah. Salah satu manfaat dari doa qunut akan dimudahkan segala urusan dan diberikan petunjuk oleh Allah SWT.

Petunjuk yang dimaksud dalam doa qunut berupa hidayah serta pengampunan dari Allah SWT.

Membaca doa qunut juga meminta kepada Allah SWT agar selalu dilindungi dari bahaya dunia maupun akhirat. Doa qunut menjadi salah satu cara kita berlindung pada Allah SWT dan meminta karunianya.

Dengan mengamalkan bacaan doa qunut bisa mendapat manfaat agar terhindar dari penyakit hati. Membaca doa qunut berharap Allah SWT akan memberikan rahmat serta kesejahteraan hidup yang lebih baik.

Setelah tahu manfaat doa qunut, jangan lupa mengamalkannya saat salat Subuh ya.

Doa Qunut Subuh dan Berbagai Manfaatnya yang Bisa Didapatkan

Membaca doa qunut ketika shalat Subuh termasuk ke dalam amalan sunah. Terlebih, jika doa ini dipanjatkan rutin selama bulan Ramadan, ketika pintu kebaikan dan maaf dibuka oleh Allah Ta’ala. Lebih lanjut, melansir berbagai sumber, berikut kami rangkum penjelasan mengenai hukum, manfaat, dan bacaan doa qunut Subuh selengkapnya!

Ada beberapa pendapat berbeda terkait hukum membaca qunut saat shalat Subuh.

Sedangkan, para ulama mazhab Hanbali dan Hanafi berpendapat bahwa membaca qunut bukanlah hal yang dianjurkan ketika shalat Subuh. “Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut saat salat fajar (Subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan suatu kaum.”

Sementara menurut Imam Nawawi, membaca qunut saat shalat Subuh hukumnya sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. Terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, nyatanya membaca qunut selama shalat Subuh memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Berikut manfaat membaca doa qunut berdasarkan buku The Spirit of Shalat dari Al-Muhaddist Al-Hafidz Qathabuddin Al-Qasthalani selengkapnya:

Doa ini bisa menjadi fondasi amal manusia, membantu mereka dalam memohon dan mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

Ia meminta kesehatan dan kebahagiaan dunia akhirat setelah memohon pentunjuk melalui doa ini. Saat seseorang memohon, maka Allah SWT pun senantiasa memberikan perlindungan kepada hamba-Nya.

Tidak hanya berdiri, membaca doa qunut juga dianjurkan sambil mengangkat kedua tangan seperti selayaknya sedang berdoa. Tak hanya itu, doa qunut juga dianjurkan dilafalkan pada rakaat terakhir salat witir terutama di separuh akhir bulan Ramadan.

Doa Qunut Subuh: Bacaan Latin, Manfaat hingga Penggantinya Jika Tidak Hafal

Doa qunut salah satu amalan ibadah sunah yang dilakukan saat menunaikan shalat subuh. Adapun tata cara membaca doa Qunut subuh yaitu dengan mengangkat kedua telapak tangan seperti sedang berdoa.

Doa qunut dilakukan saat shalat subuh, tepatnya pada rakaat kedua setelah rukuk atau sebelum sujud pertama. Baca Juga: Doa Qunut Subuh Lengkap dengan Latin dan Artinya

Keutamaan Membaca Doa Qunut saat Sholat Subuh

Karena di sholat Subuh, ada tambahan bacaan doa qunut yang memiliki beberapa manfaat. Namun membaca doa qunut juga memiliki banyak manfaat bagi yang membacanya dengan tulus dan ikhlas. Pada bacaan doa qunut, ada doa yang bunyinya “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang memiliki makna suatu permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk.

Kalimat atau lafadz tersebut bisa dianggap sebagai kata-kata tawasul, yaitu kata-kata yang mengartikan adanya suatu nikmat hidayah sama halnya seperti Allah SWT mengasihkan hidayah untuk seluruh hamba-Nya. Perlindungan yang diberikan oleh Allah SWT untuk hamba-Nya tidak hanya perlindungan dan keselamatan di dunia saja, namun juga keselamatan untuk di akhirat kelak. Dalam doa qunut juga ada kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” yang diyakini akan memberi perlindungan berbentuk keselamatan. Kalimat tersebut menunjukkan dan menjelaskan bahwa Allah SWT senantiasa menganugerahkan kebaikan berbentuk berkah untuk setiap hamba-Nya. Berilah dengan rahmat-Mu berkah pada segala apa yang telah Engkau karuniakan.

Doa qunut yang disebutkan di atas dibaca pada saat salat sendiri. Selain itu, imam dianjurkan mengeraskan suara saat membaca doa qunut. Saat bacaan doa yang berisi harapan dan permintaan, telapak tangan menghadap ke atas.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teks Sholawat Nabi Muhammad

Niat Puasa Ganti Di Hari Senin Kamis