Kumpulan Doa Untuk Pengantin Baru

Dengan menyampaikan atau memanjatkan doa, tandanya kamu turut berharap pada Tuhan Yang Maha Esa untuk kebahagian kedua mempelai di kehidupan rumah tangga mereka. Doa untuk pengantin baru pexels.com/Hiển Nguyễn Ketika menghadiri akad nikah (walimah) atau pesta resepsi pernikahan seseorang, kata ucapan pernikahan yang umumnya disampaikan adalah “Semoga sawawa, ya!” bila memberi ucapan kegembiraan terhadap seseorang yang menikah, Rasulullah mendoakan: بَارَكَ اللَّهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ Artinya: Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan” (Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah). Jika nggak sempat bertemu, kamu dapat mengirimkan doa ini dalam ucapan pernikahanmu pada saudara atau teman yang menikah.

Ini merupakan potongan dari surat asy-Syuara ayat 83, yang berbunyi, رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ Artinya: (Ibrahim berdoa): “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh.”

5 Doa Untuk Pengantin Baru Agar Tercurah Berkah dan Selalu Harmonis

Doa yang diberikan kepada pengantin baru tersebut bertujuan agar rumah tangga mereka senantiasa berada dalam kondisi sakinah, mawaddah, dan warrahmah. Doa untuk pengantin baru ini dapat dibaca saat kita menghadiri sebuah pesta pernikahan. Doa ini dibaca sebagai rasa syukur karena telah diberikan kesempatan untuk menyempurnakan ibadahnya.

Sebaiknya doa yang satu ini dibaca oleh pihak laki-laki sambil memegang ubun-ubun mempelai perempuan setelah melangsungkan akad nikah.

Doa di atas merupakan anjuran dari Rasulullah SAW yang sesuai dengan salah satu sabdanya dalam hadis berbunyi: Saat hendak melakukan ibadah suami istri di malam pertama, ada pula sebuah doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh pengantin baru.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.” (HR Bukhari dan Muslim) Setiap mempelai pengantin tentu berharap kelak mereka akan diberikan keturunan berupa anak yang saleh dan salehah.

Robbi hablii mi ladunka zurriyatan thoyyibah, innaka samii’ud du’aa. Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” Selanjutnya ada juga doa untuk pengantin baru agar hubungan mereka dapat terjaga kesetiaannya dalam waktu yang lama. Seperti yang telah umum diketahui, salah satu ujian dalam pernikahan adalah masalah kesetiaan.

Tak sedikit pernikahan yang retak bahkan hancur karena salah satu pasangan bersikap tidak setia. Untuk itu, bagi pengantin baru bisa mengamalkan doa yang satu ini agar dimudahkan bersikap setia.

Selain itu bagi para suami, dapat memohon kepada Allah agar sang istri selalu setia. Doa yang dibaca salah satunya terdapat dalam Surah Al Furqon, yaitu:

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yun, waja’alna lil muttaqina imama. “Menikah adalah sunah, barangsiapa tidak mengamalkan sunahku maka bukan bagian dariku.

Maka menikahlah kalian, karena aku bangga dengan banyaknya umatku (di hari kiamat).” (HR Ibnu Majah no.

Doa untuk Pengantin Baru, Agar Dilimpahkan Keberkahan dari Allah SWT

– Doa untuk pengantin baru adalah hadiah terindah yang bisa diberikan oleh keluarga ataupun kerabat. Doa ini dipanjatkan langsung kepada Allah SWT agar pasangan pengantin bisa menjalani rumah tangga yang penuh dengan keberkahan.

Sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 32, bahwa Allah SWT akan mencukupkan rezeki bagi siapapun yang membina rumah tangga. Ketika sepasang pengantin baru menggelar walimah atau resepsi pernikahan dengan mengundang beberapa kerabat maka hukumnya wajib untuk menghadiri acara tersebut.

“Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah” (HR. Mengutip buku Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemah Kitab al-Adzkar Imam an-Nawawi’ karya Imam an-Nawawi, ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan oleh dan untuk pengantin baru. Doa untuk pengantin ini dibaca oleh mempelai laki-laki setelah mengucapkan akad nikah. Surat Ar Rum ayat 21 bisa juga menjadi doa yang dibaca oleh pasangan pengantin baru.

Pernikahan yang dijalani untuk mencari ridho Allah SWT tentu akan dilimpahi keberkahan.

Simak Video “Dijodohkan Ortu, Calon Pengantin Pria di Sulsel Tewas Minum Racun”

7 Doa untuk Pengantin Baru Secara Islam agar Berkah

Sehingga, pernikahan terasa makin khidmat dengan ucapan selamat sekaligus doa baik untuk kedua mempelai. Selama ini, doa yang kerap diucapkan untuk mempelai adalah sakinah mawaddah warahmah.

Namun, ada doa yang lebih sempurna menurut Islam untuk kedua mempelai lho.

Berikut doa untuk pengantin dari Rasulullah SAW dalam hadis sahih yang diriwayatkan Abu Hurairah: “Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.” Artinya: Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan. Berikut bunyi doa untuk pengantin: “Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Editors’ Picks Kisah Cinta Nabi Adam dan Siti Hawa, Terpisah selama Ratusan Tahun Jangan Asal Dibuang, Ini Cara Bikin Botol PET Bekas Bisa Didaur Ulang 3. Harapannya, kedua mempelai mendapatkan keberkahan dan kebaikan selama membangun hubungan rumah tangga.

Dilansir NU Online, berikut doa untuk pengantin baru yang dikutip dari karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr (Surabaya: Kharisma, 1998), hal.

Berikut doa untuk pengantin yang terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah: بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ Artinya: Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. 1434, berikut doa yang harus dibaca: “Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.” Artinya: Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

Kumpulan Doa Harian, Inilah Doa untuk Pengantin Baru, Lengkap dengan Artinya

Bagi umat muslim yang akan menikah sebaiknya baca kumpulan doa harian ini. Dan bagi yang belum menikah, tak ada salahnya menyimak kumpulan doa harian di bawah ini sampai akhir. Karena salah satu waktu diijabah atau dikabulkannya sebuah doa adalah ketika setelah akad nikah dalam proses pernikahan.

Maka sudah seharusnya sebagai pengantin baru untuk memanjatkan sebuah doa yang terbaik agar nantinya bahtera rumah tangganya senantiasa dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT.

Doa tersebut lebih dari sekedar mengucap selamat, karena menyampaikan harapan dan permohonan kepada Allah SWT. Dikutip dari Buku Sukses Dunia-Akhirat dengan Doa-doa Harian, berikut bacaan doa untuk pasangan pengantin: Beliau juga salah satu tokoh yang aktif mengampanyekan pesan-pesan kesetaraan gender dalam Islam. “Allohumma bifadlika ‘ummana wa biluthfika huffana waj’al zaujahuma mubarokan maimunan, Allohumma allif bainahumaa alfatan wa qororan daa iman wala taj’al bainahuma furqotan wa firoron wa khusyuman, Allohumma allif bainahuma almahabbatan wal widad war zuqhuma annasla assholiha minal banati wal aulad hatta yarouna alasbatho wal ahfada, Allohumma kfihima muanata alhayati wal mamat, Allohumma kfihima muanatan addin wad dunya wal akhiroh, Allohummahfazhuma min makaaidil kholqi wawasi’ alaihima rrizqo, Robbana hablana min azwajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota ‘ayun waja’alna lil muttaqina imamaa, Robbi habli min ladunka dzurriyyata thoyyiba innaka sami’uddua. Duhai Tuhanku, limpahi aku kemampuan untuk selalu mensyukuri anugerahMu yang telah Kau bagi untukku, ibuku & ayahku. Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul “Bacaan Doa untuk Pengantin Baru, Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya”

Kumpulan Doa Pengantin Baru, Agar Pernikahan Samawa dan Penuh Berkah

Sonora.ID – Doa pengantin baru bisa diamalkan agar pernikahan sakinah mawaddah warahmah (samawa) dan penuh berkah). Hal ini karena menikah merupakan salah satu ibadah terpanjang yang dilakukan sepanjang hidup bersama pasangan.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Doa Mudah Menghafal Pelajaran

Doa Meminta Banyak Rezeki