Doa Untuk Mendoakan Orang Yang Berangkat Umroh

Sebelum berangkat ke Baitullah, perlu dihafalkan terlebih dahulu doa untuk orang yang pergi umroh. Perintah melakukan ibadah umroh terkandung dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 196 yang berbunyi: Sebelum berangkat, jamaah umroh disunnahkan melakukan salat dua rakaat.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan Islam dan memberi bimbingan ke padaku untuk menunaikan manasik hajiku di rumahNya, dan mengerjakan umrah di tem pat lambang- lam bang keagungan-Nya (Masyair). Saat sudah keluar rumah dan menuju embarkasi, selanjutnya adalah membaca doa ini: Ketika sudah ada di dalam kendaraan, maka hendaklah baca doa berikut:

Ucapan untuk Orang yang Berangkat Umroh

Merdeka – Umroh secara bahasa bisa diartikan berziarah ke tempat ramai atau berpenghuni. Sedangkan menurut istilah, umroh adalah menyengaja menuju Ka’bah untuk melaksanakan ibadah tertentu. Pelaksanaan ibadah umroh tidak terikat dengan miqat zamani, yang artinya dapat dilakukan kapan pun termasuk saat musim haji.

Oleh sebab itu mengapa banyak orang yang terkadang memilih melakukan umroh terlebih dahulu ketika ada kesempatan di suatu waktu. Memberikan ucapan selamat datang dari umroh ketika ada orang terdekat kita yang baru saja pulang dari umroh menjadi hal yang istimewa terlebih jika saling mendoakan. Imama al-Qalyubi, ulama syafiiyah menganjurkan agar dalam menyambut kedatangan orang umrah, membaca doa berikut : Selamat menunaikan ibadah umroh pak, semoga istiqomah, dilancarkan, dan diberi kesehatan selalu. Selamat menunaikan ibadah umroh buat ibu, semoga perjalanan pulang pergi akan selalu sehat kuat.

Semoga dapat menjalankan penuh kekhusyukan, menjadi amal sholeh untuk bapak dan sekeluarga. Semoga dalam perjalanan menuju tanah suci mendapat ridho dari Allah SWT. Semoga Allah selalu memudahkan langkahmu sehingga bisa menjalankan rangkaian ibadah di tanah suci dengan khusyuk dan tidak ada halangan satupun juga. Dan yang paling utama semoga hatimu selalu mengingat Allah selama menjalankan ibadah umroh.

Semoga Allah memudahkan setiap langkahmu dalam menjalankan ibadah di tanah suci. Saya turut bahagia dan senang mendengar kabar akan keberangkatanmu ke tanah suci Mekkah. Selamat ya atas ibadah umroh yang akan segera kamu laksanakan! Selamat untuk menjalankan umroh ya, Allah akan memberikan kemudahan atas upaya dan langkah kaki menuju ke tempat suci tersebut, tetap khusyuk agar tidak terjadi suatu halangan apapun.

Aku mendoakanmu semoga mampu menjalankan semua rangkaian ibadah di tanah suci dengan baik. Selamat datang para jemaah umroh, semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

Selamat telah menunaikan ibadah umroh semoga menjadi pengalaman yang penuh berkah dan hidayah. (Semoga Allah menerima umrahmu, ampunilah dosa-dosamu, dan mengganti biaya yang kamu keluarkan)

Selamat datang dari umroh kawan, semoga pengalamanmu dalam perjalanan tersebut bisa membawa berkah bagi kita semua. Selamat datang dari Tanah Suci Mekah, semoga semua kebaikan menular pada orang sekitar. Selamat datang para peserta umroh, semoga ini menjadi pengalaman yang mengesankan dan tingkatkan keimanan. Di samping itu, Ibadah umroh merupakan ibadah ziarah ke kota Mekkah dengan melaksanakan beberapa amalan mulai dari niat/ ihram, tawaf, sa’i hingga diakhiri dengan memotong rambut.

Berikut ini adalah pengertian umroh beserta syarat, hukum, rukun hingga waktu pelaksanaannya. Hal ini sebagaimana Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 125 yang memiliki arti:

Ditemani mahram merupakan salah satu syarat perempuan boleh bepergian jauh di dalam Islam.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan ibadah umroh.

Jika tidak memungkinkan untuk mengusapnya, jamaah dapat melambaikan tangan ke arah Hajar Aswad. Tahallul merupakan melepaskan diri dari larangan ihram dengan cara memendekkan atau menggunting rambut paling sedikit tiga helai. Setelah jamaah melakukan Tahallul maka dirinya telah terbebas dari larangan selama ibadah umroh. Tertib yakni para jamaah harus melaksanakan rangkaian ibadah umroh secara berurutan sesuai dengan ketentuannya.

Ji’ronah, Tan’im dan Hudaibiyah Batas miqat yang ditentukan untuk penduduk kota Mekah.

Namun menurut pendapat Abu Hanifah ada beberapa waktu makruh untuk melakukan umroh seperti Idul Adha, hari tasyriq, dan Arafah. Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Keutamaan kedua juga merupakan ibadah yang disebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menghilangkan kefakiran dan menghapuskan dosa-dosa.

Bahkan dilukiskan dalam salah satu hadsit sahih, peghapusan dosanya seperti pembakaran yang menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Perjuangan jamaah perempuan saat umroh disetarakan oleh Rasulullah slallahu’alayhi wa sallam dengan berjihad. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.” Di antara keutamaan yang Rasulullah SAW janjikan untuk mereka yang mengerjakan ibadah umrah adalah jika berdoa maka doanya mustajab atau dikabulkan, dan jika meminta ampunan akan diberikan ampunan oleh Allah SWT.

Dasarnya adalah karena orang yang mengerjakan ibadah umroh tidak lain mereka menjadi tamu Allah SWT. Maka sebagai ’tuan rumah’, pastilah Allah SWT akan memberikan pelayanan yang terbaik buat sang tamu.

Dan pemberian yang terbaik adalah berupa dikabulkannya doa serta diterimanya ampunan. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang tertera dalam kitab hadits: Jamaah haji dan umrah adalah tamu Allah.

Dalam hal ini Imam An-Nawawi dalam kitab al Majmu Syarh Al-Muhadzdzab menyebutkan sebuah hadits shahih sebagai berikut: “Dari sahabat Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma, Sesungguhnya Nabi SAW bersabda: Umroh pada bulan Ramadhan pahalanya setara dengan haji atau setara dengan haji bersamaku.” (HR Bukhari & Muslim)

Doa untuk Orang yang Pergi Umroh, Mohon Diberi Keselamatan!

Sebelum berangkat ke Baitullah, perlu dihafalkan terlebih dahulu doa untuk orang yang pergi umroh. Perintah melakukan ibadah umroh terkandung dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 196 yang berbunyi: Sebelum berangkat, jamaah umroh disunnahkan melakukan salat dua rakaat.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan Islam dan memberi bimbingan ke padaku untuk menunaikan manasik hajiku di rumahNya, dan mengerjakan umrah di tem pat lambang- lam bang keagungan-Nya (Masyair).

Saat sudah keluar rumah dan menuju embarkasi, selanjutnya adalah membaca doa ini: Ketika sudah ada di dalam kendaraan, maka hendaklah baca doa berikut:

Doa Pulang Umroh Lengkap Dengan Arab Dan Latinnya

Kebiasaan membaca doa pulang umroh adalah ajaran dari Rasulullah SAW yang sunnah untuk dilakukan. Namun, sangat disayangkan masih banyak jamaah umroh yang melewatkan pentingnya membaca doa pulang umoroh. Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (31/1/2023), doa pulang umroh tidaklah wajib untuk dipanjatkan menggunakan bahasa Arab. Karena itu disediakan bacaan doa pulang umroh dalam tulisan Arab, Latin, serta artinya yang dapat kamu baca. Ya Allah limpahkanlah shalawat, salam dan berkah kepada junjungan kami nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu bisa menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam nabi Muhammad SAW.” Ya Allah kami mohon kepada-Mu nikmat, rahmat dan akhir yang baik.”

Sesampainya di kampung halaman, sebaiknya segera melaksanakan shalat sunnah dua rakaat sebagai tanda syukur telah kembali dengan selamat. Untuk para jamaah, disunnahkan shalatnya dilakukan di masjid yang ada didekat rumah. “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pertolongan kepadaku dengan melaksanakan ibadah haji dan telah menjaga diriku dari kesulitan bepergian sehingga aku dapat kembali lagi kepada keluargaku”.

Ya Allah berkatilah dalam hidupku setelah melaksanakan haji dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang shaleh”.

Demikian bacaan doa pulang umroh yang penting untuk kamu ketahui saat ingin melakukan ibadah di Tanah Suci. Setiap jamaah tentu saja ingin melaksanakan ibadah doa pulang umroh yang mabrur.

Dalam arti, perilaku jamaah tersebut akan jauh lebih baik dibanding sebelum berangkat umroh.

Memahami Makna Haji Mabrur, 3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Cita-cita berhaji bukan sekadar terdorong karena keinginan untuk melakukan ibadah di depan Ka’bah secara langsung. Dalam kamus Al Munawwir Arab-Indonesia, Mabrur berarti ibadah haji yang diterima pahalanya oleh Allah SWT. Imam Nawari dalam syarah Muslim menjelaskan, haji mabrur tidak tercampuri oleh kemaksiatan atau dosa karena imbalannya adalah surga Allah.

Menurut Jalaluddin as-Suyuthi dalam kitab Syarhus Suyuthi li Sunan an-Nasa’i, salah satu bukti bahwa seseorang telah berhasil meraih haji mabrur adalah ketika ia kembali menjadi lebih baik dari sebelumnya dan terus berusaha mengurangi perbuatan maksiat. Tunaikan ibadah haji sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah agama dan memenuhi Rukun Islam kelima. Ada 6 rukun haji yaitu ihram (niat), wukuf di Arafah, thawaf ifadah, sa’i, bercukur (tahalul) dan tertib.

Selain itu ada juga 6 wajib haji yaitu ihram haji dari mīqāt, mabit di Muzdalifah, mabit di Mina, melontar jumrah, menghindari perbuatan yang terlarang dalam keadaan berihram, dan thawaf wada’ bagi yang akan meninggalkan Makkah.

Doa untuk Orang Berangkat Umroh agar Mabrur dan Selamat sesuai Sunnah, Teks Arab Latin dan Artinya

Baca Juga: Doa Safar Haji yang Dibaca saat Keluar Rumah dalam Bacaan Arab Latin dan Artinya Membaca surat-surat penting, terutama surat Quraisy sebagai salah satu benteng untuk melindungi calon jamaah umroh dari segala mara bahaya

Doa untuk Orang yang Hendak Haji dan Umrah

Jika di tahun ini ada anggota keluarga kita yang hendak menunaikan ibadah haji ataupun umrah ke tanah suci Mekkah. Sebagaimana imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menyebutkan doa yang bunyinya berikut ini:

Doa di atas juga tercantum dalam hadis hasan riwayat At-Thirmidzi, Al-Hakim dan Ibnu Hibban. Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya.

Demikianlah doa untuk orang yang naik haji dan umrah, doa-doa lain bisa diakses di website IBTimes.ID.

25 Contoh Kata Ucapan Selamat Berangkat Umroh Penuh Doa, untuk Keluarga Teman dan Tetannga

Contoh kata-kata ucapan selamat berangkat umroh penuh doa untuk keluarga hingga tetangga. Bagi Anda yang membutuhkan, berikut contoh kata ucapan selamat berangkat umroh penuh doa untuk keluarga hingga tetangga. Selamat menunaikan ibadah umroh buat ibu, semoga perjalanan pulang pergi akan selalu sehat kuat. (Semoga Allah menerima umrahmu, ampunilah dosa-dosamu, dan mengganti biaya yang kamu keluarkan) Semoga Allah swt selalu memberikan keberlahan berupa keselamatan kepada paman dan bibi yang sedang menjalankna umroh di tanah suci, aminn. (Semoga Allah SWT selalu menambahkan ketakwaanmu, mengampuni dosa-dosamu, memudahkan kebaikan bagimu dimanapun berada)

Selamat menunaikan ibadah umroh pak, semoga istiqomah, dilancarkan, dan diberi kesehatan selalu. Selamat menunaikan ibadah umroh pak, semoga istiqomah, dilancarkan, dan diberi kesehatan selalu

Selamat menunaikan ibadah umroh buat ibu, semoga perjalanan pulang pergi akan selalu sehat kuat. Semoga dalam perjalanan menuju tanah suci mendapat ridho dan kelancaran dari Allah SWT. Selamat menunaikan ibadah umroh pak, semoga istiqomah, dilancarkan, dan diberi kesehatan selalu Alhamdulillah, selamat yah Pak, sebentar lagi apa yang sudh dicita-citakan segera terwujud, pergi umroh ke Baitullah, semoga perjalanan ibadhnya aman dan lancar dan semoga Allah subhaanahuwataala senantiasa melindungi dalam setiap keadaan.

Baca juga: Kumpulan Kata-Kata Ucapan Selamat Sempro Skriipsi Kekinian Untuk Sahabat dan Orang Terdekat Baca juga: Bacaan Surat Maryam Ayat 1-98, Untuk Ibu Hamil Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya Demikian contoh kata ucapan selamat berangkat umroh penuh doa untuk keluarga hingga tetannga.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Doa Sholat Dhuha Latin Dan Arab

Puasa Bagi Penderita Asam Lambung