Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Fardhu Nahdlatul Ulama Pdf

Bacaan wirid dan doa setelah sholat fardhu lengkap NU PDF versi Nahdlatul Ulama dapat disimak terlebih dahulu dalam artikel berikut. File PDF teks dzikir wirid dan doanya dapat didownload melalui link yang dibagikan di bagian akhir artikel ini.

Susunan Bacaan Wirid Sesudah Shalat Lima Waktu

Dzikir tentu bisa dilakukan kapan saja, baik dalam hati maupun lisan, salah satunya adalah dzikir setelah melaksanaan sembahyang fardhu. Amalan ini menjadi rutinitas (wirid) as-salafus shalih yang memiliki dasar yang kuat dari Sunnah Nabi. (Baca: Keutamaan Dzikir Setelah Shalat Wajib) Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar pada Bâbul Adzkâr ba‘dash Shalâh mengatakan bahwa ulama telah bersepakat (ijma’) tentang kesunnahan dzikir usai shalat yang ditopang oleh banyak hadits shahih dengan jenis bacaan yang amat beragam.

Berikut ini adalah di antara rangkaian bacaan dzikir sesudah shalat maktubah yang disusun pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban, KH Muhammad bin Abdullah Faqih (rahimahullâh) sebagaimana dikutip dari Majmû‘ah Maqrûât Yaumiyah wa Usbû‘iyyah. Beliau mengutipnya antara lain dari hadits riwayat Muslim, Bukhari, Abu Dawud, serta kitab Bidâyatul Hidâyah dan lainnya.

Membaca istighfar di bawah ini sebanyak tiga kali: Ini berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim.

Dalam riwayat lain sebagaimana dikutip Bidâyatul Hidâyah: Berdoa agar diberi kemampuan untuk mengingat (dzikir), bersyukur, dan beribadah secara baik kepada Allah: (tujuh kali bakda maghrib dan shubuh) Disambung dengan penggalan dari Surat Ali Imran:

Membaca tasbih, hamdala, dan takbir masing-masing sebanyak 33 kali:

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu

Berikut ini adalah bacaan wiridan ba’da sholat fardhu berdasarkan pada hadits Rasulullah <> 1. للهِ مَا فِى السَّمٰوَاتِ وَمَا فِى اْلاَرْضِِ، وَاِنْ تُبْدُوْا مَا فِى اَنْفُسِكُمْ اَوْتُخْفُوْهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ الله ، فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ ، وَاللهُ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر. اِلٰهَنَا يَا رَبَّنَا اَنْتَ مَوْلاَنَا – سُبْحَانَ الله – 33x، سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ دَائِمًا اَبَدًا

اْلحَمْدُ لله … 33x ، اْلحَمْدُ لله رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ عَلٰى كُلِّ حَالٍ وَنِعْمَةٍ Setelah berdzikir dianjurkan untuk berdoa sesuai dengan kepentingan masing-masing Sumber LTM-PBNU

Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Dzikir Setelah Sholat Fardhu Nahdlatul Ulama

Demikian sabda Rasulullah sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Oleh karenanya, setelah melakukan shalat lima waktu, seseorang disarankan untuk meluangkan waktu sejenak untuk berdzikir.

Praktek ini menjadi rutinitas para as-salafus salih yang memiliki landasan kuat dari Sunnah Nabi. Imam Nawawi dalam Al Adzkar mengatakan bahwa para ulama telah sepakat tentang sunatnya berdzikir setelah shalat yang didukung oleh banyak hadits otentik dengan jenis bacaan yang sangat beragam.

Salah satunya adalah yang akan Saya tulis di bawah ini. Yang perlu diketahui, bahwa dzikir di bawah ini tidak mutlak harus bacaan ini, karena setiap pesantren atau majlis yang berbasis NU punya ciri khas dzikir masing-masing.

Jadi bagi yang sudah terbiasa atau punya dzikir tertentu, silahkan dilanjut saja dan bagi warga NU atau simpatisan NU yang belum punya dzikir sholat harian, silahkan amalkan dzikir di bawah ini yang dibaca setelah sholat fardhu yang Saya ambil dari website Kemudian membaca dzikir ini 3 kali

Dilanjutkan dengan membaca doa ini 3 kali Dilanjutkan dengan membaca Surat Al Fatihah. Dilanjut dengan membaca Surat Al Ikhlash 3 kali Lalu membaca Surat Al Falaq

Dan akhirnya membaca Surat An Naas Lalu baca ayat terakhir dari Surat Al Baqoroh

Sesuai judulnya, dzikir setelah sholat fardhu Nahdlatul Ulama, maka artikel ini khususnya bacaan dzikir yang biasa diamalkan setelah sholat fardhu, berasal dari kalangan para ulama atau kiai Nahdliyyin yang tentu saja disusun atau diperoleh dari kitab-kitab yang sudah jelas diakui para ulama madzhab khususnya Madzhab Syafi’i.Karena pentingnya dzikir, maka perumpamaan antara mereka yang berdzikir dan mereka yang tidak, berdzikir, seperti antara yang hidup dan yang mati. Demikian sabda Rasulullah sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari.Oleh karenanya, setelah melakukan shalat lima waktu, seseorang disarankan untuk meluangkan waktu sejenak untuk berdzikir. Praktek ini menjadi rutinitas para as-salafus salih yang memiliki landasan kuat dari Sunnah Nabi.Imam Nawawi dalam Al Adzkar mengatakan bahwa para ulama telah sepakat tentang sunatnya berdzikir setelah shalat yang didukung oleh banyak hadits otentik dengan jenis bacaan yang sangat beragam. Salah satunya adalah yang akan Saya tulis di bawah ini.Yang perlu diketahui, bahwa dzikir di bawah ini tidak mutlak harus bacaan ini, karena setiap pesantren atau majlis yang berbasis NU punya ciri khas dzikir masing-masing.

Jadi bagi yang sudah terbiasa atau punya dzikir tertentu, silahkan dilanjut saja dan bagi warga NU atau simpatisan NU yang belum punya dzikir sholat harian, silahkan amalkan dzikir di bawah ini yang dibaca setelah sholat fardhu yang Saya ambil dari website NU Online Pertama baca istighfar 3 kali.Membaca Ayat KursiLalu baca ayat terakhir dari Surat Al Baqoroh Lalu baca ayat dari Surat Ali Imron di bawah ini

Lalu baca dzikir di bawah ini اللهم صل على سيدنا محمد Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan rahmat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari segala bahaya,

yang dengan rahmat itu, Engkau akan mendatangkan kepada kami, dari segala macam hajat, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kesalahan kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat derajat kami, Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kami kepada kesempurnaan semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan Agama tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakaratul Maut,

san selamatkan dari api neraka, dan maafkanlah ketika sedang dalam hisaban. dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia). seperti halnya mereka mengasihiku dikala kecil.

وصلى الله على سيدنا محمد Dzikir NU versi lain, tepatnya yang disusun oleh pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban, KH Muhammad bin Abdullah Faqih rahimahullâh. Bacaan dzikir tersebut adalah :Membaca istighfar di bawah ini sebanyak tiga kali:Memuji Allah dengan kalimat:Atau yang lebih panjang yakni :Lalu membaca:Atau bisa juga dengan lafadz yang ini :Lalu berdoa agar diberi kemampuan untuk mengingat (dzikir), bersyukur, dan beribadah secara baik kepada Allah:Dilanjutkan dengan membaca dzikir di bawah ini yang dibaca tiga kali tiap selesai shalat fardhu, dan khusus setelah maghrib dan shubuh dibaca sepuluh kali.Memohon perlindungan dari ganasnya neraka yang dibaca tujuh kali bakda maghrib dan shubuhSelanjutnya membaca Ayat Kursi, membaca Surat al-Baqarah ayat 285-286, disambung dengan penggalan dari Surat Ali Imran seperti yang telah Saya tulis di atas, membaca Surat al-Ikhlas, Surat al-Falaq, Surat an-Naas dan Surat al-Fatihah.Lalu membaca tasbih, hamdala, dan takbir masing-masing sebanyak 33 kali, kemudian dilanjutkan dengan membaca :Kemudian membaca :Dibaca sebanyak 300 kali sesudah shubuh, 100 kali sesudah maghrib dan isya, serta 50 kali sesudah dhuhur dan ashar.Lanjut dengan membaca sholawataDibaca sesudah shubuh 300 atau 100 kaliSetelah membaca dzikir ini, silahkan lanjutkan dengan berdoa sesuai dengan kehendaknya masing-masing.

Yang paling penting, ketika akan membaca doa, harus dimulai dengan pembacaan Hamdalah dan Sholawat, kemudian setelah berdoa, juga ditutup dengan Sholawat dan Hamdalah.Pilihlah doa yang mengandung makna secara global untuk kebaikan diri, baik di dunia ini maupun di akhirat, kebaikan untuk orang tua, kekuatan Islam dan Iman sampai akhir hayat dan doa meminta husnul khatimah.Sebagai contoh, setelah Anda berdzikir, bacalah doa di bawah ini :Agar doa kita diterima, hendaklah adab-adab berdoanya dipakai.

Apa saja adab berdoa yang harus diperhatikan ketika berdoa setelah sholat fardu.Doa sebaiknya menghadapi kiblat dan angkat tangan. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi yang menyatakan bahwa Nabi ketika berada di Padang Arafat menghadap kiblat dan terus berdoa sampai matahari terbenam.Nabi SAW juga bersbda bahwa sesungguhnya Allah itu Maha Pemalu dan Maha Pemberi.

Maka Allah akan merasa malu kepada hamba-Nya yang ketika mengangkat tangannya kepad-Nnya tetapi kembali dengan tangan kosong.Hal ini sesuai dengan firman-Nya pada Surat al-Isra: 110 bahwa Allah memerintahkan untuk berdoa dengan suara tidak terlalu keras dan tidak terlalu rendah, namun sedang saja plus ditambahi dengan rasa khusyu dan merendahkan diri sebab Allah tidak menyukai orang yang melebihi batas.Hal ini sesuai dengan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala firmankan dalam Surat al-Anbiya: 90 bahwa orang yang khusyu adalah mereka yang bergegas dalam kebaikan dan mereka berdoa kepada Allah dengan harapan dan khusyu.Hal ini sesuai dengan yang Nabi Saw sabdakan bahwa janganlah ketika berdoa kita meminta sesuatu ditambahi dengan perkataan “jika Allah mau”. Sebaliknya kita harus memantapkan bahwa permintaan kita akan dikabulkan karena Allah tidak akan merasa keberatan dan kesulitan dalam mewujudkan permintaan kita.Nabi pernah bersabda bahwa Beliau ketika berdoa, mengulangi doanya tiga kali sambil merengek-rengek dalam doa, sebab hal ini menunjukkan kesungguhan dalam berdoa.Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah akan mengaulkan semua doa selama kita tidak terburu-buru untuk mengatakan bahwa kita sudah berdoa tetapi belum dikabul.

Hal ini sama saja dengan berburuk sangka kepada Allah.Demikianlah dzikir dan doa setelah sholat fardhu Nahdlatul Ulama dalam latin, Arab dan artinya versi singkat dan panjang yang sebaiknya dijadikan wirid sesudah sholat fardhu berjamaah ataupun doa setelah sholat sendiri.

Anda juga bisa download dzikir setelah sholat fardhu 5 waktu Nahdlatul Ulama dalam bentuk pdf atau mp3 pada website yang menyediakannya.

Doa Setelah Sholat Fardhu PDF

Berikut ini lampiran link untuk download bacaan doa setelah sholat fardhu lengkap dalam bentuk PDF. Menurut ajaran agama Islam, setiap orang muslim dan muslimat yang sudah mukallaf berkewajiban untuk menunaikan sholat lima waktu.

Selain itu, setiap sholat harus memenuhi syarat dan rukunnya yang menjadikan sahnya ibadah. Kitab suci Al-Qur’an telah menjelaskan dalil tentang syariat sholat dalam beberapa ayat antara lain, sebagaimana berikut ini.

Jadi, berdasarkan ayat-ayat ini agama Islam memerintahkan umatnya untuk menyembah kepada Allah melalui ibadah sholat. Dalam hal ini, Nabi mencontohkan tata cara bagaimana yang benar dan sah.

Jadi, dua dasar hukum yaitu Alquran dan Hadis harus umat Islam pahami dengan seksama. Siapa saja yang mendirikannya dan tidak menyia-nyiakan sedikit pun darinya karena meremehkan haknya, maka dia memiliki perjanjian dengan Allah untuk memasukkannya ke dalam surga.

Inti semua bacaan sholat adalah memohon kepada Allah, sehingga ketika selesai salam, kita sepatutnya tetap membaca dzikir dan doa. Maka, berikut ini adalah salah satu contoh bacaan doa setelah sholat fardhu lengkap PDF:

Urutan Doa dan Zikir Setelah Salat Lima Waktu Menurut NU

Berikut ini terdapat urutan doa dan zikir setelah salat fardu lima waktu menurut Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online. Solopos.com, SOLO — Setelah selesai melakukan salat fardu lima waktu, umat muslim disarankan untuk berdoa dan zikir dengan urutan di bawah sesuai anjuran dari Nahdlatul Ulama atau NU.

Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar mengatakan bahwa ulama bersepakat tentang kesunahan zikir seusai salat yang ditopang oleh banyak hadis dengan jenis bacaan yang beragam. Namun, NU berpedoman dengan bacaan zikir seusai salat yang disusun oleh KH Muhammad bin Abdullah Faqih, pengasuh Ponpes Langitan Tuban.

Baca Juga: NU Purworejo Sebut Haram, Begini Fatwa Permainan Boneka Capit Menurut MUI Baca Juga: Doa Bercocok Tanam Menurut Islam Supaya Tumbuh Subur

Doa agar Diberi Kemampuan untuk Mengingat Berzikir, Bersyukur, dan Beribadah secara Baik kepada Allah SWT. Ayat Kursi, Urutan Ketujuh Doa atau Zikir setelah Salat Lima Waktu

Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim. Baca Juga: Hukum Suami Istri VCS Menurut Islam karena LDR

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu Beserta Artinya!

Doa Setelah Sholat Fardhu – Sholat fardhu lima waktu adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim dalam keadaan apa pun, kapan saja dan di mana saja. Namun, seorang muslim yang mengalami keadaan tertentu seperti sakit diberikan keringanan dalam melakukan sholat fardhu. Contohnya apabila ada seseorang yang sakit dan tidak bisa berdiri, maka diperbolehkan untuk melaksanakan sholat fardhu dalam keadaan duduk. Ketika mendirikan sholat fardhu, ada beberapa amalan sunah yang dianjurkan untuk dilakukan dalam agama Islam.

Di antara ialah membaca doa sebelum dan sesudah sholat fardhu. Doa-doa ini dapat mengabulkan hajat seseorang, menyempurnakan ibadah dan memiliki keutamaan lainnya. Meskipun berdzikir dan berdoa setelah sholat fardhu lima waktu hukumnya tidak wajib, akan tetapi sebaiknya seorang muslim tidak langsung meninggalkan tempat dan pergi setelah sholat. Lalu jika kamu telah merasakan aman, maka dirikanlah sholat tersebut sebagaimana biasanya.

Allah juga berfirman dalam surat Al Jumuah ayat 10, berikut ayatnya. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa dzikir sebaiknya dibaca sesuai dengan tuntutan dan ajaran dari Nabi Muhammad SAW.

Artinya: Biasanya Rasulullah SAW jika selesai sholat, beliau (membaca) istighfar sebanyak 3 kali kemudian membaca doa: Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikroom. Artinya: aku mendengar Nabi SAW setelah selesai sholat beliau berdoa: laa ilaha illallooh wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Bacaan tasbih, tahmid, takbir dan tahlil ada empat bentuk yang shahih dari Nabi SAW. Artinya: Barang siapa yang berdzikir usai selesai sholat dengan dzikir berikut: Subhanallah wal hamdulillah wallahu akbar (33 x). Maka akan diampuni seluruh kesalahannya, meskipun sebanyak buih di lautan.

Ketika ia bangun pada pagi hari, laki-laki Anshar ini menemui Nabi SAW dan menceritakan mimpinya. Artinya: Ada dua perbuatan yang apabila dijaga oleh seseorang hamba muslim, maka pasti ia akan masuk surga. Maka itulah 150 kali dzikir di lisan dalam sholat lima waktu.

Dengan berdoa setelah selesai sholat, maka keinginan atau hajat seseorang pun akan mudah dikabulkan. Berikut beberapa doa setelah sholat fardhu yang bisa Grameds baca.

Laa ilaha illallooh mukhlishiina lahud diin wa lau karihal kaafiruun Tidak ada daya serta updaya kecuali dengan adanya pertolongan Allah.

seluruh nikmat, anugerah dan pujian yang baik adalah milik Allah. Oleh sebab itu, ayat kursi juga dianjurkan untuk dibaca setelah selesai melaksanakan sholat fardhu.

Seperti hadits dari Abu Umamah Al Bahili ra, Nabi SAW pernah bersabda: Dari Ummu Salamah Hindun binti Abi Umayyah ra, dia berkata: Biasanya Rasulullah SAW jika sholat subuh ketika salam beliau akan membaca: alloohumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan (Ya Allah sesungguhnya aku mohon pada Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima.)

Sebagai #SahabatTanpaBatas, tentu saja menyediakan beragam buku, termasuk buku-buku kumpulan doa untuk Grameds.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Niat Sholat Jamak Zuhur Dan Asar

Niat Sholat Tahajud Jam 3 Dan Witir