Puasa Boleh Potong Rambut Atau Tidak

SUARAMERDEKA.COM – Menjelang bulan Ramadhan, sebagian umat muslim yang ragu melemparkan pertanyaan, apakah memotong rambut bisa membatalkan puasa? Ya, hukum mencukur rambut saat puasa di bulan Ramadhan memang kerap menjadi pertanyaan bagi kaum muslimin. Karena memotong rambut bukanlah bagian dari melaksanakan makan, minum, berhubungan suami istri, atau pelampiasan hawa nafsu.

Hari Baik Potong Rambut Menurut Kepercayaan, Wajib Tahu!

Tahukah kamu, sebagian masyarakat Indonesia percaya bahwa ada hari baik potong rambut yang perlu diperhatikan. Katanya, memotong rambut di momen ini bisa bikin rambutmu tumbuh lebih lebat, sehat, dan kuat. Dalam syariat Islam, sama sekali tak ada aturan khusus soal kapan harus menggunting rambut. Nah, lain lagi dengan anjuran hari baik memotong kuku dan rambut dari sudut pandang Islam.

Sementara itu, hari dilarang potong rambut adalah pada Selasa, Rabu, Sabtu, dan Minggu. Hal ini mengisyaratkan kecantikan wanita yang meredup karena pancaran sang Hyang Semara Ratih di kepala tiba-tiba terputus.

Kalau sudah memliki kekasih, maka hubungannya akan putus sampai ia melakukan mandi suci. Ada mitos yang beredar kalau memotong rambut di malam hari dianggap tabu dan bisa mengundang makhluk halus.

Kalau menurut kami, potong rambut di malam hari boleh-boleh saja asalkan dilakukan dengan hati-hati.

Meski begitu, hari baik untuk potong rambut tak hanya berkaitan dengan hoki atau kelancaran rezeki saja, lho.

Kondisi rambut bercabang disebabkan banyak hal, mulai dari efek bleaching, perm, pewarnaan, smoothing, sampai paparan sinar matahari dan suhu catokan yang terlalu panas. Selain bikin penampilan lebih fresh dan kekinian, potongan pendek seperti bob atau pixie bisa membuat wajahmu tampak awet muda.

Kamu pasti sering dengar, mengubah penampilan dapat meringankan rasa galau akibat patah hati. Meski terkesan tak ada hubungannya, nyatanya hal ini memang dapat membantu mengobati patah hati. Rambut keriting perlu dibentuk ulang setiap 12 minggu sekali dan harus digunting dalam keadaan kering. Trimming layer sangat penting untuk menjaga potongan bob milikmu tetap bulat dan penuh.

Rambut pixie pendek tergolong high maintenance, karena harus dijaga bentuknya agar tetap terlihat keren. Agar bentuknya awet dan tetap kece, rambut pixie milikmu sebaiknya dipotong setiap 1 bulan sekali. Poni cenderung cepat panjang, sehingga kamu harus sering merapikannya agar tidak menebal dan mengganggu pandangan mata. Untukmu yang malas sering-sering ke salon, bisa coba membeli gunting khusus dan memotong poni sendiri di rumah.

Potong Rambut pada Malam Hari Bisa Mendatangkan Arwah, Benarkah?

Masih dilansir dari sumber yang sama, Islam tak mempercayai mitos memotong rambut di malam hari bisa didatangi arwah orang meninggal. Hal ini berdasarkan penjelasan dari Guru Besar Bidang Ilmu Sejarah Peradaban Islam UIN Raden Mas Said Surakarta Syamsul Bakri.

4 Kondisi Potong Rambut yang Diharamkan untuk Bunda, Termasuk Ramadhan?

Mungkin hal ini karena terpengaruh beberapa asumsi masyarakat kalau potong rambut saat puasa tak diperbolehkan. Bunda juga sangat dianjurkan untuk menjauhi perasaan iri, dengki, dan sirik selama menjalankan ibadah puasa agar tak mengurangi pahalanya. Melansir situs dakwah Islam Islamway, dewan tertinggi Hai’ah Kibaril Ulama (semacam MUI) di Arab Saudi, menjelaskan kalau potong rambut tidak menjadi hal yang bisa membatalkan puasa. Tidak hanya itu, ada juga dalil yang membolehkan wanita untuk potong rambut mereka.

Di samping itu, Bunda juga perlu tahu manfaat dari potong rambut secara rutin. Bunda, simak juga yuk skincare ala Nadya Vega dalam video di bawah ini:

Memotong Rambut Saat Puasa Bisa jadi Haram, Ini Penjelasan dan Aturannya

SUARAMERDEKA.COM – Menjelang bulan Ramadhan, sebagian umat muslim yang ragu melemparkan pertanyaan, apakah memotong rambut bisa membatalkan puasa? Ya, hukum mencukur rambut saat puasa di bulan Ramadhan memang kerap menjadi pertanyaan bagi kaum muslimin. Karena memotong rambut bukanlah bagian dari melaksanakan makan, minum, berhubungan suami istri, atau pelampiasan hawa nafsu.

Gunting Kuku dan Potong Rambut saat Ramadan Bisa Bikin Puasa Batal?

Apalagi, ada yang beranggapan potong rambut di siang hari saat Ramadan bisa membatalkan puasa. “Apakah mencukur rambut dan memotong kuku di siang Ramadan membatalkan puasa?” bunyi pertanyaan tersebut. Inilah yang menjadi standar bagi Islam, termasuk mencukur kumis dan memelihara janggut sepanjang genggaman tangan setelah dagu.

Hukum Potong Rambut Saat Puasa

Dalam pelaksanaan puasa ini, tentu saja ada aturan dan hukum yang berlaku sebagaimana islam mengatur seluruh hidup manusia. Puasa memang bagian dari rukun islam, dan terdapat hadist yang menyatakan bahwa “Islam didirikan di atas lima sendi, yaitu: syahadat tiada sembahan yang haq selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi hajike Baitul Haram” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

Di dalam hadist, tidak ada aturan atau larangan yang terkait memotong rambut saat puasa. Karena memotong rambut bukanlah bagian dari melaksanakan makan, minum, berhubungan suami istri, atau pelampiasan hawa nafsu. Hal ini dikarenakan ludah merupakan mekanisme alamiah atau natural yang biasa dilakukan oleh tubuh kita. Hal ini tidak akan membatalkan puasa karena bukan saluran yang masuk ke dalam tenggorokan.

Bahkan bukan termasuk juga ke dalam makanan dan minuman yang melepas dahaga. Sedangkan untuk membatalkan puasa maka air tersebut harus masuk kedalam tenggorokan atau seperti diminum.

Hal-hal lainnya mengenai puasa yang harus juga diketahui umat islam adalah seperti : Untuk itu, tidak boleh kita memasukkan jenis makanan dan minuman apapun, adalah hal yang membatalkan puasa. Saat berpuasa suami istri yah sah sekalipun dilarang untuk melakukan hubungan biologis tersebut. Tetapi Allah memberikan keringanan dengan diperbolehkannya melakukan hal tersebut setelah berpuasa yaitu di malam hari.

Maka itu dilarang untuk merangsang diri kita dengan sesuatu yang bisa melahirkan hal tersebut. Wanita dilarang untuk berpuasa karena kondisi dirinya yang sedang mengalami pendarahan tersebut.

Hukum Potong Rambut Saat Puasa Ramadhan, Benarkah Membuat Ibadah Puasa Batal dan Tidak Sah?

Ketika sedang berpuasa banyak umat Muslim yang ingin mengetahui bagaiaman hukum potong rambut. Meskipun begitu, dalam hadist lain disebutkan bahwa umat Muslim tidak diperbolehkan membiarkan bulu atau rambut tertentu selama 40 hari lamanya.

4 Hal Memotong Rambut Bagi Wanita Bisa Jadi Haram dan Bagaimana Hukumnya Potong Rambut Saat Puasa

Baca Juga: INILAH LINK Live Streaming Semifinal Korea Open 2022 Sabtu 9 April 2022 Mulai Pukul 08.50: DUKUNG INDONESIA! Karena dalam pelaksanaan puasa, tentu saja ada aturan dan hukum yang berlaku sebagaimana Islam mengatur seluruh hidup manusia.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Doa Untuk Guru Ngaji Yang Meninggal

Doa Agar Mantan Kembali Lagi