Lafaz Niat Solat Jenazah Kanak Kanak Lelaki

ZONABANTEN.com – Berikut adalah tata cara sholat jenazah anak-anak yang dilengkapi dengan syarat, niat, dan doanya. Baca Juga: Tata Cara Sholat Jenazah Laki-laki Lengkap dengan Syarat, Niat, dan Doanya

Ushalli ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbiiraatin fardhal kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa (niat jenazah anak laki-laki).

Bacaan dan Niat Sholat Jenazah Bagi Laki-laki & Perempuan

Karena jika dilihat dari segi hukum, sholat jenazah hukumnya adalah fardu kifayah, maksudnya apabila dalam suatu kampung ada yang meninggal. Akan tetapi sebaliknya jika ada satu orang saja yang sudah menyolatkan jenazah tersebut, maka gugurlah kewajiban warga dikampung itu. Namun disini akan dibagi menjadi empat bacaan niat tergantung dari jenazah yang disholatkan lelaki atau perempuan. Latin : “Ushollii ‘alaa haadzihill mayyitati arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa,”. Artinya : “Saya niat salat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.” Kalimat هَذِهِ الْمَيِّتَةِ ada Ha’ dhomir menjelaskan bahwa yang sedang disholatkan adalah jenazah wanita sudah baligh. Latin : “Ushollii ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa,”. Artinya : “Saya niat salat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala.” Latin : Usholli ‘Alaa Haadzihil Mayyiti Thifli Arba’a Takbiratatin Fardhol Kifayaatai Lillahi Ta’aala Artinya : Saya niat sholat atas jenazah anak lelaki ini empat kali takbir fardu kifayah, hanya karena Allah Ta’ala. Latin : Usholli ‘Alaa Haadzihil Mayyitati Thiflati Arba’a Takbiratatin Fardhol Kifayaatai Lillahi Ta’aala Artinya : Saya niat sholat atas jenazah anak perempuan ini empat kali takbir fardu kifayah, hanya karena Allah Ta’ala.

Maka dari itu penulis akan merangkum tatcara sholat jenazah dalam artikel ini agar mudah dipahami oleh semua muslim. Karena niat termasuk rukun maka tentu wajib diikut sertakan dalam pelaksanaan sholat jenazah. Setelah niat maka langsung membaca takbirotul ihrom layaknya seperti sholat pada umumnya. Disunnahkan untuk mengangkat tangan sampai menyentuh telinga dan meletakkannya kembali ke pusar. Kemudian membaca Doa Jenazah yang diriwayatkan oleh muslim dalam sebuah hadis shohih. Pasangan yang lebih baik dari pasangannya, lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari cobaan kubur dan azab neraka.”

Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Setelah keempat takbir tersebut dibaca semua berikut doa yang ada didalamnya maka jangan lupa untuk mengucapkan Salam. Artinya: “Semoga keselamatan rahmat Allah dan berkah-Nya limpahkan kepada kalian.” Demikianlah penjelasan terkait Bacaan dan Niat Sholat Jenazah Bagi Laki-laki & Wanita yang dirangkum oleh penulis dalam artikel ayovaksindinkeskdi.id. Besar harapan penulis artikel ini dapat bermanfaat untuk semua ummat muslim yang membutuhkan.

Niat dan Doa Memandikan Jenazah dalam Islam

– Ketika seorang yang beragama Islam meninggal dunia, hukumnya fardhu kifayah bagi muslim lainnya untuk mengurus mayat orang tersebut. Para ulama yang dikutip dari buku Panduan Lengkap Perawatan Jenazah oleh KH Muhammad Sholikhin menyepakati, perihal memandikan mayat bahwa hukumnya adalah fardhu kifayah. Meski demikian, ada syarat-syarat dari jenazah yang dikenai hukum untuk dimandikan.

Manusia sempurna, bukan mayat bayi yang keguguran dan lahir tidak bernyawa

Bila kondisi mayat tidak memungkinkan untuk dimandikan dengan air, maka boleh ditayamumkan Adapun tata cara untuk memandikan jenazah juga perlu diperhatikan dengan tepat.

Artinya: Aku berniat untuk memandikan mayat laki-laki ini karena Allah Ta’ala. Artinya: Aku berniat untuk memandikan mayat perempuan ini karena Allah Ta’ala.

Namun bila orang itu melihat hal aib pada diri jenazah, misal aromanya bau menyengat, atau rupa dan anggota tubuhnya pula ada yang membusuk.

Artinya: “Barang siapa memandikan mayat, lalu menyembunyikan apa yang terjadi padanya, maka Allah mengampuninya sebanyak empat puluh kali.”

Urutan Sholat Jenazah, Bacaan Niat Laki-laki dan Perempuan, serta Doanya

Shalat jenazah sama dengan shalat yang lain, yaitu ha­rus menutup aurat, suci dari hadas besar dan kecil, suci badan, pakaian dan tempatnya serta menghadap kiblat. Namun bedanya sholat jenazah tidak ruku’, sujud, azan dan iqamat. Niat sholat jenazah yakni menyengaja melakukan shalat atas mayit dengan empat takbir, menghadap qiblat karena Allah. “Saya niat salat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum hanya karena Allah Ta’ala.”

“Saya niat salat atas jenazah perempuan ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum hanya karena Allah Ta’ala.” Sambil meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri di atas perut (sedakep), kemudian membaca surat Al Fatihah (tidak membaca surat yang lain).

Silaturahmi Senior Golkar Usai Peresmian Masjid Baru di Markas Partai

Cara Solat Jenazah

Solat jenazah adalah fardhu kifayah keatas orang hidup kecuali yang mati syahid. Imam-imam mazhab bersepakat tentang harus solat ke atas beberapa jenazah serentak tetapi afdzal kalau dilakukan secara berasingan dan ia didahulukan ke atas mayat yang paling dimuliakan sewaktu hidup.

Kedudukan jenazah yang ramai bolehlah diletakkan sama ada secara berbaris atau disusun beberapa baris. Kepada mereka yang baru nak belajar, tak salah rasanya kalau ammboi syorkan panduan ringkas Solat Jenazah sebagaimana dibawah: Ia mudah difahami dan diingati seterusnya mengelakkan sebarang keraguan.

Panduan dibawah mempunyai penjelasan penuh mengenai rukun, bacaan dan tertib untuk solat jenazah. Bagi solat ghaib, imam dan makmum mengadap qiblat tanda ada jenazah di depan.

“Sahaja aku solat keatas ini mayat perempuan empat takbir fardhu kifayah kerana Allah taala”. “Sahaja aku solat keatas ini mayat lelaki empat takbir fardhu kifayah kerana Allah taala”. “Sahaja aku sembahyang atas mayat kanak-kanak lelaki empat takbir fardhu kifayah kerana Allah Taala”. “Sahaja aku sembahyang atas mayat kanak-kanak perempuan empat takbir fardhu kifayah kerana Allah Taala”. “Sahaja aku solat keatas ini mayat perempuan empat takbir fardhu kifayah menjadi imam kerana Allah taala”. “Sahaja aku solat keatas ini mayat perempuan empat takbir fardhu kifayah mengikut imam kerana Allah taala”.

Beserta dengan niat “Sahaja aku solat keatas ini mayat perempuan/lelaki/kanak lelaki/kanak perempuan empat takbir fardhu kifayah menjadi imam/mengikut imam kerana Allah taala”. Sesungguhnya atas alam-alam ini, Engkaulah zat yang terpuji dan Maha mulia.”

Tata Cara Salat Jenazah Laki-laki dan Perempuan

Tata cara salat jenazah merupakan sesuatu yang penting untuk diketauhi oleh umat Islam. Melaksanakan salat jenazah bagi umat muslim merupakan bentuk persaudaraan. Mengutip buku “Fikih” oleh Kementerian Agama, dasar hukum salat jenazah tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Majah, yang artinya: Mayoritas ulama berpendapat bahwa hukum salat jenazah yaitu fardu kifayah.

Artinya, jika sudah ada satu orang yang mengerjakan, maka gugurlah kewajiban bagi muslim lainnya. Salat jenazah dilaksanakan setelah mayit selesai dimandikan dan dikafani. Niat melakukan salat jenazah dengan empat takbir, menghadap kiblat, karena Allah SWT. “Saya niat salat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah Ta’ala.”

“Saya niat salat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah Ta’ala.”. Wa naqqihi minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas.

Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. “Allahumma la tahrim naa ajrahaa walaa taftinnaa ba’dahaa waghfirlanaa walahaa.”

Adapun bacaan doa jenazah bayi yang dilafazkan pada takbir keempat adalah sebagai berikut: Wa alhiqhu bishaalihil mu’miniina waj’alhu fii kafaalati ibrahiima waqihi birahmatika ‘adzabal jahiimi. Oh Allah, dengan musibah ini, beratkanlah timbangan perbuatan mereka dan berilah pahala yang agung.

Anak ini kumpulkan dengan orang-orang yang shaleh dan jadikanlah dia dipelihara oleh Nabi Ibrahim.

Artinya: “Ya Allah Kasih sayangilah anak ini, selamatkanlah dia, muliakanlah kedatangannya, luaskanlah tempatnya dengan kasih sayang-Mu wahai yang Paling Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Doa Agar Cepat Menghafal Dan Tidak Lupa

Hukum Makan Sebelum Shalat Idul Adha