Dzikir Setelah Sholat Tarawih Witir

Setelah salam dari Shalat Witir, kita dianjurkan untuk tidak segera bangun meninggalkan lokasi. Kita dianjurkan untuk membaca doa dan wirid sejenak sebagaimana keterangan berikut ini:

Artinya, “Seseorang dianjurkan setelah shalat witir membaca tiga kali, ‘ Subhānal malikil quddūs ,’ kemudian membaca, ‘ Allāhumma inī a‘ūdzu bi ridhāka min sakhathika, wa bi mu‘āfātika min ‘uqūbatika. Wa a‘ūdzu bika minka, lā uhshī tsanā’an alayka anta kamā atsnayta ‘alā nafsika ,’” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain , [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 101). Adapun susunan bacaan setelah selesai shalat Witir adalah sebagai berikut: Allāhumma innī as’aluka ridhāka wal jannah, wa a‘ūdzu bika min sakhathika wan nār. Aku juga berlindung kepada (rahmat)-Mu dari murka dan neraka-Mu.” Artinya, “Mahasuci Tuhan yang kudus,” (HR An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

Subbūhun, quddūsun, rabbunā wa rabbul malā’ikati war rūh. Allāhumma innaka ‘afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa, fa‘fu ‘annī. Wa a‘ūdzu bika minka, lā uhshī tsanā’an alayka anta kamā atsnayta ‘alā nafsika. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta‘âlâ. Artinya, “Aku berniat untuk berpuasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.”

Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih Pendek dan Witir, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Dalam buku berjudul Risalah Tuntunan Salat Lengkap (1976) oleh Mohammad Rifa’I, begini bacaan doa setelah sholat tarawih bahasa Arab, latin, dan artinya.

Doa dan Zikir Setelah Salat Witir Tarawih di Bulan Ramadan

Setelah salam dari salat Witir, kita dianjurkan untuk tidak segera bangun meninggalkan lokasi. Kita dianjurkan untuk membaca doa dan wirid sejenak sebagaimana keterangan berikut ini: Baca Juga : Niat Salat Witir Tarawih, dan Tata Caranya Artinya, “Seseorang dianjurkan setelah shalat witir membaca tiga kali, ‘Subhanal malikil quddus,’ kemudian membaca, ‘Allahumma ini a‘udzu bi ridhaka min sakhathika, wa bi mu‘afatika min ‘uqubatika.

Wa a‘udzu bika minka, la uhshi tsana’an alayka anta kama atsnayta ‘ala nafsika,’” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 101). Adapun susunan bacaan setelah selesai shalat Witir adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Simak 4 Lafal Niat Puasa Ramadan yang Mudah Dihafalkan Artinya, “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.”

Artinya, “Aku memohon ampunan Allah.” Permohonan ridha dan surga Allah. Allahumma inni as’aluka ridhaka wal jannah, wa a‘udzu bika min sakhathika wan nar. Artinya, “Tuhanku, aku memohon ridha dan surga-Mu.

Aku juga berlindung kepada (rahmat)-Mu dari murka dan neraka-Mu.” Artinya, “Mahasuci Tuhan yang kudus,” (HR An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

Subbuhun, quddusun, rabbuna wa rabbul mala’ikati war ruh. Pujian atas keluasan ampunan (3 kali).

Allahumma innaka ‘afuwwun karimun tuhibbul ‘afwa, fa‘fu ‘anni. Artinya, “Tuhanku, sungguh Kau maha pengampun lagi pemurah. Kau menyukai ampunan, oleh karenanya ampunilah aku.” Pujian atas kemurahan dan kasih-sayang Allah. Artinya, “Wahai Zat yang maha pemurah, (aku memohon) atas berkat rahmat-Mu, wahai Zat yang paling penyayang dari segenap penyayang.” Allahumma ini a‘udzu bi ridhaka min sakhathika, wa bi mu‘afatika min ‘uqubatika. Wa a‘udzu bika minka, la uhshi tsana’an alayka anta kama atsnayta ‘ala nafsika. Artinya, “Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu.

Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah). Doa setelah shalat pada umumnya. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan.

Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.” Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana lillâhi ta‘âlâ. Artinya, “Aku berniat untuk berpuasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.” Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini : Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini : Ramadan salat

Doa dan Zikir Setelah Salat Tarawih dan Witir

Saat Ramadan, salat Tarawih menjadi ibadah sunnah yang ramai dikerjakan oleh muslimin. Namun, di antara perbedaan itu tentu tak perlu diperbincangkan lagi, apalagi menyalahkan satu sama lain, karena keduanya memiliki dalil masing-masing.

Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.” “Maha suci Tuhan Yang Merajai lagi Maha Suci (3x) Maha Suci lagi Quddus Tuhan Kami, Tuhan para Malaikat, dan Malaikat jibril.” “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang disembah melainkan Allah.

sesungguhnya aku memohon kepadaMu ridhamu dan surga dan aku berlindung kepadaMu dari siksa neraka (3x).”

Doa Setelah Shalat Witir dalam Tarawih

Suasana shalat tarawih di Masjid Darul Arqam, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Bila merujuk kepada sunnah Rasulullah SAW, sebagaimana diceritakan oleh Ubay bin Ka’ab, dari Hadits yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi dan ad-Daruquthni, setiap kali selesai salam seusai shalat witir, beliau mengucapkan:

Doa ini beliau ucapkan sebanyak tiga kali, dan di suara ketiga beliau memanjangkan suaranya, lalu mengucapkan: Rabbil malaikati war ruuh. Allahumma inni a’udzu bi ridoka min sakhotik wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik

Ada satu lagi doa setelah witir yang kerap dibaca di masjid-masjid di Indonesia, yakni: Teks Arab doa setelah witir Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tata Cara Puasa Weton Suami

Doa Meminta Jodoh Yang Baik Dalam Al Quran